Jadikan Secangkir Kopi Teman Dalam Hidupmu

Minggu, 17 April 2011

Kopi Terkenal Di Bogor

Kopi Kapal Api memiliki brand image yang kuat dan disusun oleh sembilan asosiasi pembentuknya. Hal ini merupakan aset yang bernilai bagi Kapal Api. Selain itu Kopi Kapal Api memberikan kualitas produk yang baik, Kopi Kapal Api memiliki perceived quality atribut-atributnya berada pada sisi kanan/positif.
Kekuatan - kekuatan di atas yang dimiliki Kapal Api dalam pendapat penulis merupakan materi komunikasi yang baik untuk meningkatkan kepercayaan dan eksistensinya.

Kopi Torabika di Kota Bogor cukup dikenal luas tetapi bukan merupakan merek nomor satu yang ada dalam benak pelanggan. Kopi Torabika memiliki brand image yang lemah yang ditunjukkan melalui aosiasi - asosiasi yang menjadi penyusun brand image jumlahnya hanya enam asosiasi dari 14 asosiasi yang diujikan. Kopi Torabika dari hasil analisa merupakan kopi yang jarang dikonsumsi oleh pelanggan di Kota Bogor. Kopi Torabika memiliki produk dengan kualitas yang sudah memenuhi harapan pelanggan diantaranya rasa kopi, aroma, tingkat keamanan dan mutu. Kualitas produk apabila dibandingkan dengan Kopi Kapal Api, Nescafe dan Liong Bulan, skor persepsi kualitas terhadap produk masih lebih rendah. Hal ini menjadi pertimbangan untuk melakukan pengembang - an produk agar dapat mengatasi produk pesaing.

Kopi Nescafe di Kota Bogor dipilih sebagai merek top of mind yang dipilih oleh 20 persen responden. Kopi Nescafe memiliki asosiasi penyusun brand image terbanyak yaitu 10 asosiasi. Hal ini menunjukkan kopi merek Nescafe memiliki brand image yang sangat kuat. Kekuatan - kekuatan di atas dalam pendapat penulis merupakan materi komunikasi yang baik untuk meningkatkan kepercayaan dan eksistensi Kopi Nescafe.

Kopi Ayam Merak bukan merupakan merek yang dikenal luas di Kota Bogor. Tingkat pengenalan merek oleh responden tergolong sangat rendah dibandingkan dengan merek lainnya yang diteliti. Brand image Kopi Ayam Merak lemah. Jumlah asosiasi pembentuk brand image hanya terdapat lima asosiasi. Kualitas Produk yang diberikan kepada pelanggan berada pada urutan terbawah dari beberapa merek kopi yang diteliti. Kopi Ayam Merak bukan merupakan pilihan bagi pelanggan sebagai kopi yang paling sering dikonsumsi. Kopi Ayam merak untuk dapat tetap mendapat tempat di hati konsumen perlu melakukan peninjauan ulang dalam hal produk, harga, promosi untuk meningkatkan pengenalan oleh pelanggan khususnya di Kota Bogor.

Kopi Liong Bulan merupakan kopi yang diproduksi oleh perusahaan keluarga dan sudah ada di Kota Bogor sejak Tahun 1945. Brand image Kopi Liong Bulan di Kota Bogor dapat dikatakan kuat. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah asosiasi yang membentuk brand image - nya terdapat sembilan asosiasi. Kopi Liong Bulan telah dikenal luas dan dipercaya oleh kalangan masyarakat yang sudah lama tinggal di Kota Bogor. Kopi Liong Bulan dapat menggunakan media promosi sumber daya kedaerahan yang ada, mengingat wilayah pemasarannya di Kota Bogor dan sekitarnya.
Penelitian yang berhubungan dengan ekuitas merek semakin banyak dilakukan dengan berbagai jenis produk yang diteliti. Kualitas produk yang tinggi pada masa yang akan datang sudah menjadi syarat umum dalam bersaing. Penelitian yang akan datang disarankan tidak hanya membahas brand equity tetapi juga dapat masuk ke penelitian mengenai brand charisma yang menciptakan pelanggan yang sangat loyal.
Adanya kopi merek lokal yang mempengaruhi pangsa pasar di suatu kota mengharuskan merek - merek nasional berusaha membuat suatu strategi khusus dalam menjangkau pasar tersebut. Penelitian pemasaran di kota - kota yang dijadikan sasaran pemasaran disarankan untuk dilakukan mengingat karakteristik dan persaingan merek di setiap kota dapat berbeda - beda.

1 komentar:

  1. nice artikel nih, saya termasuk salah satu pecinta kopi liong bulan, izin share ya...:)

    BalasHapus